Selamat Datang di Blog "El Mading"

Kamis, 23 Februari 2012

ORGANISASI vs AKADEMIK

Banyak orang berfikir bahwa akademik itu lebih penting dari pada organisasi, tapi sebagian lainnya berpikir bahwa organisasi itu lebih penting daripada akademik, tapi apakah banyak juga yang sadar bahwa sebenarnya keduanya berjalan beriringan, tapi harus mana yang lebih penting mana yang tidak.
Ketika akademik bagus tapi kecakapan kita dalam bekerja sama tim tidak ada maka akademik itu sia-sia saja. Sebaliknya, ketika kita cakap terampil kerjasama baik, tetapi akademik kita juga dibawah maka kita akan tersisih dalam persaingan hidup.
Kerjasama tim, kecakapan dan kegesitan bisa kita dapat pada saat kita mengikuti satu organisasi. Disana belajar bekerja sama, belajar memimpin, mengenal karakter dan disana pula kita belajar tentang hidup, apa yang tidak kita dapatkan saat duduk dikelas mendengarkan dan menyimak.
Kita belajar menghargai, belajar saling mengenal, belajar untuk tidak egois, belajar saling menyayangi dan belajar saling merasakan satu sama lain, belajar bijaksana. Semua itu tidak kita dapatkan dalam belajar ketika kita duduk di belakang meja berjam-jam. Karena disana kita berpikir bagaimana caranya kita mendapat nilai besar, bagaimana caranya kita menjadi yang terbaik dan mengalahkan semuanya. Tapi diorganisasi kita belajar bagaimana caranya maju bersama, berjalan bersisian tanpa saling menyerobot. Karena kita satu visi ke depan.
Ada yang bilang organisasi merusak akademik. Sampai banyak yang rela meninggalkan tanggungjawab organisasi demi akademik. Sebenarnya tidak ada yang dikorbankan dan terkorbankan jika kita mampu memanagemen waktu dengan baik.
Ketika di akademik menjalankan dengan sepenuh hati dan bersungguh-sungguh takkan ada yang namanya organisasi bagus akademik hangus atau akademik cemerlang organisasi disilang. Semuanya akan seimbang. Mengerjakan semuanya bukan untuk dipuji orang lain, bukan untuk mendapatkan nama yang bagus dimata orang lain, bukan pula untuk disebut orang sibuk. Lakukan dengan ikhlas, lakukan dengan tulus, akademik oke, organisasi pun jalan.

 SEMUA SEIMBANG !!! 

1 komentar:

  1. "akademik oke, organisasi pun jalan",.,!!

    saya sangat mendukung hal itu.
    kita sebagai mahasiswa jangan hanya memegang prinsip 3K (Kampus, kost, dan Kampung)

    karena ilmu di luar lebih banyak yang dapat kita dapatkan, dibndingkan kita hanya terfokus pada akademik dan didalam kampus saja.

    akan tetapi, eimbangkan keduanya.
    jangan sampai Oranisasi jalan, Kuliah terbengkalai.!!

    keep spirit,.,!!

    BalasHapus