Selamat Datang di Blog "El Mading"

Selasa, 07 Februari 2012

Kampus Buat Stress Banget???


Banyak mahasiswa yang ingin cepat-cepat lulus dari kuliah. Jika ditanyakan "Mengapa Kamu ingin cepat lulus?" Rata-rata mahasiswa menjawab agar tidak lagi belajar, tugas yang menumpuk membuat pusing kepala, belum lagi ketemu sama dosen yang killer dan pelit nilai. Aduh bisa dibuat pusing tujuh keliling karena stress memikirkan nilainya yg pelit dan resiko mengulang di semester berikutnya.
Belum lagi karena kelas yang berbeda-beda bahkan kadang saking tidak dapet kelas, kita pun harus masuk di kelas sisa. Gak enak banget rasanya di kelas yang tidak kita sukai. Maklum saja para mahasiswa seringkali sebelum semester di mulai, akan memilih kelas karena ingin dosen yang baik, tidak pelit nilai, cara penjelasannya nyaman dan mudah dipahami, dan sekelas dengan teman-teman satu gank. Tidak heran jika kita mengenal nama "kelas ideal". Namun itu jarang!!
Belum lagi tugas yang menumpuk menjelang Ujian Tengah Semester (UTS) atau akhir semester (UAS). Bisa-bisa kita begadang semalaman bahkan bisa dua malam. Maklum saja untuk mengerjakan tugas biasanya prinsip Sistem Kebut Semalem (SKS) yang dipegang teguh. Belum lagi harus menyicil untuk belajar bahan-bahan ujian. Buku2 yg super tebal dan isinya bahasa Inggris menambah kemumetan di otak.
Bayangkan saja dalam satu semester kita umumnya mengambil tujuh or delapan mata kuliah. Setiap mata kuliah ada tugas yg berbeda-beda, buku2 yg super banyak, dan harus memahami karakter dosen yang berbeda-beda pula. Kalo dipikir2 berat jg pengorbanan tuk mendptkan sebuah lembar kertas yg bertuliskan gelar sarjana.
Ehm... jika dilihat dari cerita di atas, rasanya dunia kampus tuh memusingkan. Ya, karena kita yang membuatnya pusing. Di otak kita cuma ada tugas dan ujian. Mengapa demikian? Kita tidak mencoba menyelami dunia kampus yang sebenarnya.  Biasanya kita sering membandingkn dgn anak-anak SMU atau orang yg sudh bekerja.
Bermanfaat bukan dunia kampus dgn banyak tugas dan dosen killer serta pelit nilai. Asalkan kita bisa mengambil manfaat dari kemumetan2 yang ada di kuliah, pasti kita akan dpt menjalaninya dgn senang. Semua itu tentu saja untuk masa depan kita agar menjadi pemuda yg lebih berkualitas bagi diri sendiri, sesama, bangsa dan negara. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar